100 Years of Hendra Gunawan Special Exhibition

Jika penjara lebih identik dengan orang-orang yang kehilangan harapan akan masa depan, tidak demikian dengan sosok bernama Hendra Gunawan. Berada di dalam tahanan selama 16 tahun tanpa alasan yang dapat dibuktikan kebenarannya, nyatanya tidak menguburkan jiwa sang seniman. This is my first time hearing his name, and I am already touched by his spirit.

100 Years of Hendra Gunawan (Foto: Dok. Ciputra Artpreneur)

Karya dari Hendra Gunawan selalu identik dengan perjuangan rakyat Indonesia, khususnya rakyat kecil. Ia kerap melukiskan kehidupan masyarakat di daerah pedesaan, seperti kehidupan nelayan dan petani, yang turut memperlihatkan semangat kerja keras rakyat Indonesia. Lukisan dengan judul Pangeran Diponegoro Terluka merupakan salah satu karya yang dibanggakan. Ini menjadi salah satu alasan mengapa saya seketika jatuh cinta pada karyanya. Rasanya kini Indonesia lebih banyak mengekspos gedung bertingkat dengan segala kemewahan di dalamnya.

Berteman karib dengan Ir. Ciputra, seorang insinyur dan pengusaha yang sangat menghargai karya seni, membawa karya dari Hendra Gunawan ke dalam gedung Ciputra Artpreneur Museum. Ir. Ciputra nyatanya sudah mengagumi karya dari sang seniman jauh sebelum karyanya dikenal oleh publik. Ia merasakan adanya ikatan dengan hasil karya Hendra Gunawan, di mana ia turut merasakan sulitnya perjuangan dalam hidup, sama seperti sang seniman. Siapa yang dapat menyangka bahwa Hendra Gunawan pernah ada pada masa dimana hasil karyanya tidak laku di pasaran. Ia bahkan harus menggadaikan karyanya demi dapat bertahan hidup. Mendengarkan kisahnya melalui seorang pembisnis sukses seperti Ir. Ciputra sungguh mampu membuat hati saya terenyuh.

Selain 32 hasil karya Hendra Gunawan yang akan ditampilkan melalui acara Prisoner of Hope, yang turut merayakan satu abad sang seniman, ada pula pameran yang diberi judul Spektrum Hendra Gunawan. Dalam pameran ini, 70 seniman kontemporer turut mempersembahkan hasil karya yang menjadi interpretasi dari hasil karya Hendra Gunawan. Melalui kesempatan ini, publik dapat melihat perpaduan yang sempurna antara sang mahaguru seni Indonesia, Hendra Gunawan, dengan para seniman kontemporer masa kini. Pameran ini dapat dinikmati mulai pada tanggal 4 Agustus 2018 di Ciputra Museum dan Ciputra Gallery.

Hendra Gunawan tidak hanya menjadi sosok yang memberikan harapan bagi karya seni Indonesia. Ia turut memberikan harapan bagi mereka yang merasa tidak lagi memiliki alasan untuk maju. Di sisi lain, Ia telah menunjukkan rasa cinta yang begitu besar kepada bangsa yang dapat dilihat melalui hasil karyanya. Semoga ini dapat turut membangkitkan semangat generasi muda untuk terus berkontribusi pada negri.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Basically, there’s always time to stop and stare at the precious one.

FOLLOW US ON